Perbatasan laut Lebanon-Israel memberikan contoh ‘baik’ untuk Siprus: Türkiye

Perbatasan laut Lebanon-Israel Türkiye pada hari Kamis mengatakan agen sbobet88 terpercaya pihaknya “menyambut baik” kesepakatan perbatasan laut antara Lebanon dan Israel, menekankan itu menjadi “contoh yang baik” untuk kawasan itu, khususnya pulau Siprus. Perjanjian untuk membatasi perbatasan laut datang setelah berbulan-bulan pembicaraan tidak langsung yang dimediasi oleh Amerika Serikat dan menandai terobosan besar dalam hubungan antara kedua negara, yang secara resmi telah berperang sejak pembentukan Israel pada tahun 1948.

Kesepakatan itu diselesaikan pada hari Kamis, dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid menandatangani Slot Terbaru kesepakatan di Yerusalem Barat, dan Presiden Lebanon Michel Aoun di istana kepresidenan di Beirut. Mengekspresikan harapannya untuk “berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di Mediterania Timur, yang sudah menghadapi sejumlah tantangan,” Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan kesepakatan yang baru ditandatangani “membayangkan model pengembangan bersama dan pembagian pendapatan melalui operator pihak ketiga untuk hidrokarbon tertentu. wilayah lisensi di dalam landas kontinen kedua negara.”

Lebanon dan Israel sama-sama mengklaim sekitar 860 kilometer persegi (330 mil persegi) Laut Mediterania yang merupakan rumah bagi ladang gas lepas pantai. Lebanon berharap bahwa demarkasi perbatasan maritim akan membuka jalan bagi eksplorasi gas untuk membantu mengangkatnya keluar dari krisis ekonomi yang melumpuhkan, yang telah menjerumuskan tiga perempat penduduknya ke dalam kemiskinan. Israel berharap kesepakatan itu akan mengurangi risiko perang dengan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon.

Berdasarkan perjanjian tersebut, perairan yang disengketakan akan dibagi sepanjang garis yang mengangkangi ladang gas alam “Qana”. Produksi gas akan didasarkan pada sisi Lebanon, tetapi Israel akan diberi kompensasi untuk gas yang diambil dari sisi jalurnya.

“Model ini, yang mencerminkan praktik serupa di dunia, memberikan contoh yang baik untuk kawasan ini dan khususnya untuk Siprus Turki dan Yunani,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan. Ketegangan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir atas sumber daya alam dan yurisdiksi di Mediterania.

Türkiye, yang memiliki garis pantai kontinental terpanjang di Mediterania Timur, menolak klaim batas laut yang dibuat oleh Yunani dan pemerintahan Siprus Yunani. Dikatakan klaim berlebihan ini melanggar hak kedaulatan Türkiye dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC).

Ankara secara konsisten menentang pengeboran sepihak pemerintah Siprus Yunani, dengan menegaskan bahwa TRNC juga memiliki hak atas sumber daya di daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *